... Website terbaik untuk menyelesaikan masalah ...

PERSENDIAN MANUSIA

PERSENDIAN MANUSIA

       Tulang manusia berhubungan satu sama lain yang disebut sendi. Ada sendi yang tidak dapat digerakan dan ada juga sendi yang dapat digerakan. Contoh sendi yang tidak dapat digerakan adalah tulang-tulang penyusun tengkorak. Sendi yang tidak dapat bergerak disebut sendi mati. Sedangkan sendi yang dapat bergerak disebut sendi gerak. Beberapa macam sendi gerak adalah sebagai berikut :

1. Sendi engsel
     Sendi engsel adalah sendi yang dapat digerakan kesatu arah seperti engsel jendeladan pintu. Contohnya, sendi pada siku, sendi pada lutut, sendi pada ruas jari tangan dan sendi pada ruas kaki.
2. Sendi peluru
     Sendi peluru adalah sendi yang memungkinkan gerakan kesemua arah karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Contohnya, sendi pada ruas tulang leher yang paling atas, sendi pada pangkal lengan dan sendi pada pangkal paha.
3. Sendi pelana
     Sendi pelana adalah sendi yang bergerak ke dua arah. Contohnya sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari.
4. Sendi kaku
     sendi kaku adalah persendian yang geraknya sedikit atau terbatas. Seperti persendian yang terdapat antara ruas-ruas tulang belakang.
5. Sendi geser
     Sendi geser adalah persendian tempat tulang yang satu menggeser ujung tulang yang lain. Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil.
6. Sendi putar
     Sendi putar adalah persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Tulang atlas masuk kedalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak.

Macam-macam sendi




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 00.08 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar