... Website terbaik untuk menyelesaikan masalah ...

KELAINAN-KELAINAN PADA MATA

KELAINAN-KELAINAN PADA MATA

     Pada mata terdapat kelainan-kelainan, misalnya rabun jauh (miopia), rabun dekat (hipermetropia), rabun tua (presbiopia), astigmatisme, rabun senja dan buta warna.
  1. Rabun jauh 
          Rabun jauh atau miopia adalah kelainan pada mata yang menyebabkan mata seseorang tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas. Hal itu disebabkan mata terlalu cembung  atau bola mata terlalu panjang.
          Pada mata orang yang menderita rabun jauh, bayangan benda jatuh didepan retina. Penderita miopia dapat dibantu dengan kacamata yang berlensa cekung (negatif). 
  2. Rabun dekat 
         Rabun dekat atau hipermetropia adalah kelainan pada mata yang menyebabkan mata seseorang tidak dapat melihat benda dekat dengan jelas. Contohnya, orang yang tidak dapat membaca huruf kecil dikoran dari dekat.
           Pada mata orang yang menderita rabun dekat, bayangan benda jatuh di belakang retina. Supaya bayangan jatuh didepan retina, maka harus dibantu dengan kacamata berlensa cembung (positif)
  3. Rabun tua (presbiopia)                                                                                                                       Orang yang sudah berusia lanjut memiliki kemampuan akomodasi sangat lemah, akibatnya tidak dapat melihat benda yang sangat jauh pada jarak yang normal. Penderita rabun tua (presbiopia) dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap, yaitu lensa positif untuk penglihatan dekat dan lensa negatif untuk penglihatan jauh.
  4.  Astigmatisme
         Kelengkungan lensa mata tidak rata. Penderita astigmatisme tidak dapat membeakan garis-garis tegak lurus dan mendatar pada sinar secara bersamaan. Berkas sinar mengenai mata tidak dapat terpusat sempurna. Penderita astigmatisme ditolong dengan kacamata berlensa silinder. 
  5. Rabun senja                                                                                                                                     Rabun senja adalah kelainan pada mata yang menyebabkan mata seseorang tidak dapat melihat benda dengan jelas pada waktu senja hari. hal itu disebabkan karena kurangnya vitamin A pada makanan yang dikonsumsi.
  6. Buta warna                                                                                                                                           Buta warna merupakan ketidakmampuan mata membedakan  warna-warna tertentu, misalnya merah, kuning, hijau dan biru. Cacat mata itu termasuk kelainan yang bersifat menurun.
  7. Katarak                                                                                                                                                 Katarak terjadi pada kornea mata yang menjadi keruh sehingga menghalangi masuknya cahaya ke retina. Penderita katarak dapat diatasi melalui operasi.
 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 03.37 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar