... Website terbaik untuk menyelesaikan masalah ...

BUNGA

BUNGA

Bagian-bagian bunga

       Bunga terdiri atas beberapa bagian, yaitu tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, putik dan benang sari. perhatikanlah gambar dibawah ini :



  1. Tangkai bunga menghubungkan bunga dengan batang
  2. Kelopak bunga membungkus mahkota bunga ketika bunga masih kuncup
  3. Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga yang berwarna indah
  4. Benang sari merupakan alat kelamin jantan
  5. Putik merupakan alat kelamin betina
       Bunga disebut bunga lengkap bila memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik. Jika bunga tidak memilik salah satu dari tersebut, maka bunga disebut bunga tidak lengkap. Bunga yang memiliki semua bagian, tetapi tidak ada putiknya disebut bunga jantan. Sedangkan bunga yang memiliki semua bagian tetapi tidak ada benang sarinya disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga sempurna (hermafrodit). Jika bunga memiliki putik saja atau benang sari saja, maka bunga itu disebut  bunga tidak sempurna.

Fungsi bunga
       Fungsi bunga yang utama adalah untuk perkembangbiakan tumbuhan. Alat perkembanganbiakan pada bunga adalah benang sari dan putik yang terdapat di dalam mahkota bunga. Mahkota bunga yang indah dapat menarik perhatian serangga seperti lebah dan kupu-kupu. Serangga ini dapat membantu bunga melakukan penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya benang sari ke kepala putik. Setelah penyerbukan, biasanya diikuti oleh proses pembuahan serangga  terbentuk buah dan biji.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 19.08 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar