Macam – macam aplikasi computer yang digunakan di perusahaan
1. Sistem Informasi
Managemen (SIM)
sistem informasi yang sudah
banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan
jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di
perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register
(mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut
dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan
tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi
laba, inventori dan sebagainya.
2. Arsip
Elektronik
Dasar
pemikiran timbulnya gagasan otomasi perkantoran karena
sebagian dari waktu kerja pegawai habis untuk melakukan hal-hal yang
tidak produktif, antara lain :
a.
Banyaknya staf yang menghabiskan waktunya dengan membuka
arsip dokumen, untuk mencari bahan yang diperlukan.
b.
Para Sekretaris sangat sibuk dengan tugas administratifnya.
Hal-hal tersebut diatas ternyata dari sudut
efisiensi kerja sangat merugikan. Tanggapan mengenai
masalah diatas adalah dengan memanfaatkan komputer
untuk melakukan beberapa pekerjaan kantor. Diantaranya adalah masalah
pengaturan arsip yang disimpan secara elektronis.
Keuntungan
arsip elektronik :
- Mudah dikirim
ke bagian-bagian yang membutuhkan, melalui jalur
komunikasi
- Pencarian
dokumen mudah dilakukan
- Kegiatan
manajemen, seperti pengaturan jadwal.
Penggunaan teknologi baru biasanya menimbulkan masalah
sosial, bagi pihak yang menyangsikan kegunaanya. Mereka takut akan hilangnya kontak sosial diantara pekerja dengan
kata lain komunikasi elektronik akan mengisolasi pekerja dari lingkup
sosialnya.
3. Pengolahan Kata (Word Processing).
Pengolah kata adalah suatu program
aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk
pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan kalimat
tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis huruf, tata
letak dan lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan
adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”.
Saat ini,
pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” for windows mulai
dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP. Microsoft
word for windows banyak digunakan karena sudah cukup lengkap sebagai aplikasi
pengolah kata dari pengetikan yang sederhana sampai yang rumit. Selain itu juga
versi dari Microsoft word yang ada selalu kompatibel (dapat digunakan) dengan
versi sebelumnya.
4. Surat
elektronik.
Pengiriman surat atau pesan secara elektronis, baik tulisan maupun gambar
dengan beberapa cara penyampaian :
1. Melalui jalur komunikasi umum ( telepon,komputer,pos).
2. Dengan Facsimili.
3. Komputer yang terhubung dalam jaringan (LAN)
5. Konferensi Jarak Jauh
Konferensi melalui komunikasi jarak jauh untuk menyalurkan
data, suara dan gambar.
panggilan Teleconference adalah
alternatif yang sangat baik bagi perusahaan yang perlu berkomunikasi secara
efektif dengan karyawan mereka di semua lokasi dan bahkan dengan klien yang
tidak lokal. Manfaat utama dari teleconferencing, dibandingkan dengan hanya
mencoba untuk berkomunikasi meskipun email, faks dan pesan suara, atau bahkan
satu-satu percakapan telepon adalah bahwa sekelompok orang dapat mendengar informasi yang sama pada waktu yang sama. Ini adalah manfaat utama yang sama
mengadakan rapat, untuk menyebarkan informasi kepada kelompok sehingga setiap
orang yang terlibat menerima informasi yang sama persis.
Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Ini berarti bahwa setiap orang yang perlu informasi, atau yang perlu berpartisipasi dalam beberapa jenis diskusi atau acara pengambilan keputusan, bisa melakukannya dari kenyamanan kantor mereka sendiri.
Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.
Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Ini berarti bahwa setiap orang yang perlu informasi, atau yang perlu berpartisipasi dalam beberapa jenis diskusi atau acara pengambilan keputusan, bisa melakukannya dari kenyamanan kantor mereka sendiri.
Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.
6. Information Retrieval
Pengambilan kembali informasi/data yang telah disimpan dalam komputer.
7. Kegiatan Manajemen.
Kegiatan ini memanfaatkan komputer untuk mengingatkan para
pengelola tentang jadwal-jadwal penting,pengaturan jadwal
proyek, jadwal penugasan, dll.
Posted by 23.00 and have
2
komentar
, Published at
okey juga tu gan...
BalasHapusma kasih tas ilmu nya gan....
trima ksih jga dah beknjung bro,...
BalasHapus